Saturday, April 19, 2014

Kostum Daur Ulang untuk Almira

Waktu baca pengumuman ini di sekolah Almira rasanya seneng dan excited banget.
Seneng karna sekolah Almira bikin acara yg ngga mainstream: fashion show dengwn pakaian & aksesori hasil daur ulang. Biasanya kan acara kartinian di sekolah diperingati dengan memakai baju adat. Bukannya saya ngga nasionalis, tapi nyewa baju adat itu artinya kudu nyewa ke salon dan bersaing dengan ibu2 lainnya supaya kebagian. Kalo ngga kebagian jadi kudu beli :D saya juga excited karna selama 3 taun belakangan ini saya selalu ngumpulin wadah plastik berupa botol air mineral, cangkir plastik bekas wadah yoghurt dan sedotan.


Ngumpulin sampe dapet segini banyaknya bukan tanpa alasan. Saya selalu teringat kenangan masa kecil saya ketika SD. Waktu itu oleh guru kami diminta bikin kerajinan tangan dari barang bekas. Dari kotak bekas korek api yang sebelumnya selalu ibu kumpulkan,saya membuat maket rumah. Dalam perjalanan dengan bis dari rumah ke sekolah, orang-orang melihat maket saya itu dengan tarkesima. Saya pun bangga sekali karna itu hasil kolaborasi saya dan ibu saya. 
Jadi proyek kostum daur ulang buat Almira adalah sebuah proyek nostalgia :D 
Konsepnya sih agak absurd. Yang penting memanfaatkan barang bekas yg sudah ada di rumah. Termasuk.. Daster bekas saya yg udah sobek di bagian samping, yg udah berkali2 dijait pun tetep sobek lagi. Daster itu saya potong jadi sepanjang lutut Almira. Daster itu kemudian dihias dengan potongan2 plastik dari cup bekas wadah yoghurt. Almira juga ikut bantu motong lo. 

Pengennya bikin kostum yang bakal bisa kepake terus sampai Almira pra-ABG. Jadi nanti ngga perlu bikin-bikin lagi kalo ada acara pesta kostum dari bahan daur ulang :D
Begini lah penampakannya:
Kata ayahnya Almira sih "biasa aja. Konsepnya compang camping gitu ya?" dengan ekspresi datar. Ngga ngaruh sih komentar beliau karena anaknya bilang "bagus" dengan ekspresi senang. Moga-moga tanggal 21 April besok dia ngga malu pakai di sekolah. hihihi.
Untuk melengkapi kostum ini, saya juga bikin bando dari dasar botol yang dipotong dan dibentuk jadi bunga plus bunga dengan ukuran yang lebih kecil dari kain perca. Selain itu saya juga bikin tas tenteng kecil yang terbuat dari keranjang bekas telur ayam kampung yang dihias dengan kain hasil potongan daster dan ditambah rumbai-rumbai dari potongan cup yoghurt. Talinya juga diambil dari potongan kain yang kemudian dikepang. 
Untuk seluruh kostum Almira ini saya hanya mengeluarkan uang Rp 1.000 untuk beli bando hitamnya. Selebihnya tinggal pakai yang sudah ada di rumah. horeee.. kostum murah meriah.meskipun biasa aja kata ayahnya Almira tapi kalo tau modalnya cuma segitu dia pasti suka :D

Btw.. Bagusnya kostum ini dikasih judul apa ya?

5 comments:

  1. 1. Fleurs bleues en plastique (bahasa Perancis: plastik bunga biru)
    2. Kembang biru goyang (soalnya kostumnya bakal lucu klo dipakai sambil goyang aku rasa)
    3. Si manis daster dari cup yoghurt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Arina. Ini kostumnya kalo dipake jd mengeluarkan bunyi2. Hihihi

      Delete
  2. Sumbang ide ah..
    Nama kostumnya: simply recycle outfit

    Fb: shinta pipoybabywear

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Maaf, fb ku salah ketik. Yg bener shinta pippybabywear

    ReplyDelete