Tuesday, April 22, 2014

Pempek: dari Palembang hingga Jogja

Ini dia yang saya tunggu dari Palembang selain suami yang pulang dari dinas: Pempek Beringin asli Palembang. Tadinya merek pempek Palembang yang saya tau cuma si Candy karna yang paling sering dibawa mertua saya kalo beliau mengajar di Palembang. Saya ngga ngerti apakah pempek ini ada kaitannya dengan partai berwarna kuning bergambar pohon beringin, tapi yang jelas di kemasannya sih ngga ada lambang pohon beringinnya :p

Pempek yang bisa dibawa pulang dengan kemasan kardus ini harga satuannya Rp 3.500, jadi per kardus isi 20 harganya Rp70.000. Sebelum masuk kardus, pempek Beringin dimasukkan ke dalam plastik kemudian divakum supaya ngga cepet basi. Dalam kemasan yang dibeli suai saya isinya ada 3 macam: pempek isi telor (semacam kapal selam dalam ukuran yg lebih kecil) , pempek bulat dan lenjer semuanya ENAK tentu saja. Apalagi kalo dicocol sama kuah cukanya yg pedes banget (menurut lidah saya).

Di Bandung saya pernah menjajal 4 merk pempek: Pempek yang saya beli di Jl.Rama (lupa namanya, kayaknya "Anugrah" tapi bukan Pempek "Rama") lebih enak dari Pempek Sekeloa (Jl.Dipati Ukur) dan Pempek Bang Rico (depan Bandung Electronic Center). Tapi soal harga, pempek Sekeloa dan Bang Rico lebih ramah di kantong. Pempek yang baru saja saya coba kemarin adalah Pempek Ogan (Jl. Arcamanik Endah no.4) tapi tetep ngga ngalahin enaknya pempek yang di jalan Rama. 

Seenak-enaknya pempek dari Palembang asli atau yang sudah saya cicipi di Bandung, tetep deh.. Pempek Ny. Kamto idola saya dan belum nemu yang ngalahin enaknya. Menu favorit saya adalah si "goreng bulat". Waktu saya kecil cuma buka di selatan toserba "Ramai" (jl.Malioboro Yogya) tapi sekarang cabangnya udah banyak termasuk di Ambarrukmo Plaza.



No comments:

Post a Comment