Sunday, April 27, 2014

Mie Aceh Di Bandung

Meskipun saya lahir dan tumbuh besar di Jogja tapi entah kenapa setelah merantau ke Bandung yang saya kangenin terus malah Mie Aceh, bukan Gudeg Jogja. Mungkin lidah saya bosan dengan rasa manis yang kerap saya cecap dari masakan khas Jogja lalu mencari suasana baru dengan rasa pedas penuh sensasi. Beberapa warung Mie Aceh yang bisa ditemukan di google sudah saya coba temukan di dunia maya. Berikut ini rangkumannya:

1. Cie Rasa Loom
Sepertinya ini mie aceh paling hits di google yang terkenal karna kelezatannya. Saya sempat coba Cie Rasa Loom yg di jl.Cilaki sebelum menyambangi pusatnya di Jl.Buah Batu. Sayangnya cabang Cilaki sudah tutup karena sepertinya sepi pengunjung. Bukan karna ngga enak tapi kurang jeli memilih lokasi. Dengan bayar Rp 11.000 (akhir 2013) saya udah puas banget dengan mie aceh plus daging. Bumbunya mantep banget. Di sini penggemar acar bawang merah seperti suami saya boleh minta ekstra acar tanpa harus bayar lagi.

2. Dapur Aceh
Dulu Dapur Aceh berjualan di 2 tempat: di jl.Bengawan dan jl.Brigjend Katamso. Sekarang cabang jl.Bengawan sudah tutup. Dapur Aceh ini favorit suami saya karena di sini bumbunya paling mantep menurut dia, dan tentu saja karena di Dapur Aceh boleh nambah acar bawang merah gratis. Kqkqkq. Kalo saya sih ngga terlalu suka beli di sini karna ngga ada opsi untuk mie aceh + sayur aja tanpa daging. Bukannya saya vegetarian sih.. Tapi sebagai pelaku foodcombining (yg kadang disiplin kadang enggak),saya selalu usahakan ngga makan karbohidrat bareng protein hewani. Di sini porsi mie aceh paling murah harganya Rp 16.000 per porsi,dengan daging kambing atau sapi.

3. Sigli Jaya
Warung Sigli Jaya berada di kawasan mahasiswa, tepatnya di jl.Tubagus Ismail, sekitar 50 m dari pasar Simpang Dago. Warungnya hanya buka malam dan yang paling mengesankan dari warung ini adalah: cuma dikelola 1 orang pria. Dia yang masak, dia yang cuci piring, dia juga yang jadi kasir. Mungkin karena itu pula dia bisa efisiensi biaya demi menekan harga. Dengan Rp 10.000 udah kenyang dengan mie aceh tanpa daging. Meski multitasking, sang koki stay cool banget lo. Padahal dia punya 2 dapur: di depan buat masak menu yang dimasak dengan wajan seperti mie aceh & nasi goreng sedangkan dapur belakang untuk masak menu seperti martabak, roti cane dan minuman. Sayangnya karna bukanya cuma malam dan menurut suami bumbunya kurang mantep, jadi kami kayaknya bakal jarang ke sini.

4. Gampoeng Aceh
Selain Cie Rasa Loom, Gampoeng aceh yg berada di Jl.Dagk (bawah) juga buka 24 jam. Ini warung masakan aceh paling luas di Bandung, setidaknya yang pernah saya datangi. Menurut saya rasanya ngga istimewa, nggak sampe bikin saya pengen balik lagi. Apalagi harganya paling mahal dibanding mie aceh lain yang pernah saya coba. Mungkin karna lokasinya yang strategis menyebabkan harga sewa lahan lebih mahal, jadi konsekuensinya harga jual ngga terlalu kompetitif. Hihihi. Analisisnya sok tau banget.

5. Peucan Biluy (kalo ngga salah ini namanya)
Jika sedang beredar di daerah Antapani, Peucan Biluy jadi pilihan kami. Berada di ruko yang cukup bersih di Jalan Terusan Jakarta dan harganya murah. Hehehe. Sayangnya di sini ngga ada acar bawang merah favorit suami saya dan tanpa kripik melinjo seperti warung mie aceh lainnya. Rasanya sih lumayan enak kok. Waktu itu saya iseng nyoba mie tumis pakai cumi tapi ternyata cuminya kecil2 dan dapetnya sedikit.

6. Waroeng Atjeh
Ini dia warung mie aceh yang terakhir kami coba dan ngga bikin kapok buat balik lagi. Letaknya di utara GOR Saparua. bentuknya paling warung di antara yang lain dengan harga sama murahnya dengan Sigli Jaya. Bedanya dia udah buka sejak pagi dan rasanya pun mnurut saya uenak. Setidaknya ada tujuan baru yang  lebih dekat daripada jauh-jauh ke Cie Rasa Loom di Buah Batu.

Semua penjual mie aceh di atas juga menjual masakan aceh lainnya seperti nasi goreng aceh, martabak, roti cane, teh tarik, tapi kayaknya cuma Gampoeng Aceh yang varian mienya paling banyak dan jual "ayam tangkap" juga. Untuk menu ya g satu ini saya sih belum tertarik nyoba.








1 comment:

  1. untuk genre mie aceh ini lumayan enak2 yang saya suka di gampoen aceh, tapi kalau mau genre mie yamin di mie naripan bandung itu enak, mie yamin yang ga pernah buat bosen cobain deh enak sangat www.mienaripan.co

    ReplyDelete