Friday, May 2, 2014

Suara.com : Pendatang Baru dengan Informasi Terkini


Derasnya arus informasi melalui internet memercepat pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia hingga 22%, yaitu dari 62 juta di tahun 2012 menjadi 74,57 juta di tahun 2013.  Bahkan lembaga riset MarkPlus Insight memrediksi jumlah pengguna Internet di Indonesia akan mencapai 100 juta jiwa pada 2015. Para “netizen” atau pengguna internet menghabiskan waktu lebih dari tiga jam per hari di dunia maya meningkat dari 24,2 juta di 2012 menjadi 31,7 juta orang di 2013. Tingginya angka netizen di Indonesia menjadi pasar potensial bagi bisnis online termasuk portal berita.
           PT Mata Media Nusantara menangkap peluang besar ini dengan meluncurkan Suara.com pada 11 Maret 2014. Sebagai pendatang baru di industri portal berita online Indonesia, Suara.com selalu menyajikan informasi terkini mengenai berita nasional, internasional, olahraga, bola, gaya hidup, hiburan, otomotif, teknologi dan multimedia. Memang seperti yang disampaikan Yan Gunawan, sang Pemimpin Redaksi di sini, Suara.com tidak mencari kejayaan (glory) tetapi memiliki visi  melayani masyarakat, melayani komunitas, tetapi setidaknya Suara.com tetap perlu berada di urutan pertama halaman google untuk kata kunci “suara” mengingat sebelumnya sudah ada portal berita yang lebih dulu menggunakan kata “suara” sebagai bagian dari mereknya.
            Karena keberadaan Suara.com bertujuan untuk melayani masyarakat Indonesia, maka tagline Suara.com yang saya usulkan adalah
Suara.com : Warta Terpercaya bagi Indonesia  

TAMPILAN
Kesan pertama saat membuka Suara.com adalah tampilannya yang ramai dengan gambar dengan warna terang yang dominan, terutama merah. Bagi saya pribadi, tampilan dengan warna saling kontras seperti ini tidak terlalu nyaman dipandang. Ruang untuk perbaikan lainnya adalah judul Headline berita yang tak langsung terpampang sehingga membuat pengunjung perlu scroll down terlebih dahulu. Alangkah lebih menyenangkan jika ketika pertama kali membuka layer langsung terlihat beberapa headline terpopuler. Meskipun begitu, penempatan menu kanal yang terpampang jelas memanjang ke samping sudah memudahkan pengunjung untuk memilih kanal mana yang diminati. Tampilan iklan pun tidak mengganggu content situs.  
sumber: www.suara.com




TEMUKAN DIFERENSIASI, TINGKATKAN POSISI
Setelah beberapa kali mengunjungi Suara.com, saya agak kesulitan menemukan diferensiasi pada situs berita ini padahal diferensiasi diperlukan untuk tetap berada di top of mind para netizen di tengah persaingan yang ketat di industri portal berita online. Untuk menjaring pengunjung Suara.com memang perlu mengikuti langkah para pendahulunya, misalnya dengan mengiklankan berita yang sedang banyak dibicarakan di social media. Bahkan bila perlu, Suara.com bisa menganalisa siapa yang paling banyak mengunjungi situsnya sejak situs ini diluncurkan. Dari pemetaan demografi pengunjung dipadu dengan popular tag yang menunjukkan tingkatan topik berita yang paling sering dibaca, Suara.com dapat memilah mana saja berita yang mestinya paling sering diiklankan dan siapa target pasar utamanya. Adanya tampilan popular tag dan related tag yang ditampilkan di bagian kiri memang ide yang bagus untuk memancing pengunjung situs untuk membaca halaman lain. Saran saya, ukuran font untuk popular tag dan related tag sedikit lebih kecil dibanding font isi berita. 
Sumber: www.suara.com
Mengingat banyak netizen mengakses informasi melalui smartphone, maka aplikasi mobile berbasis android juga bisa menjadi langkah taktis untuk menjaring pengunjung ke situs. Yan Gunawan selaku pemimping redaksi yang sepak terjangnya di dunia aplikasi mobile pasti bisa dengan mudah mewujudkannya. Satu lagi yang tak kalah penting dalam rangka meningkatkan interaksi dengan pengunjung, selain dengan update status berupa tautan berita di facebook dan twitter, Suara.com juga perlu membuat kanal khusus berjudul “FORUM” yang menyuarakan aspirasi para pengunjungnya.

KECEPATAN BERAKSI
Menurut situs www.alexa.com yang lebih pandai dibanding saya dalam mengulik situs, kecepatan akses Suara.com masih tergolong lambat (slow). Padahal faktor kecepatan di era digital tak bisa ditawar lagi. Kecepatan ini bisa ditingkatkan lagi dengan mengurangi tampilan gambar di halaman depan (home) yang sepertinya terlalu banyak memajang gambar dari tiap sub kanal. Kalau pun gambar memang perlu ditampilkan, ukurannya bisa diperkecil. Ukuran gambar yang besar selain cenderung memerlambat juga membuat pengunjung kewalahan. Ukuran slide show pun bisa diperkecil.
Sumber: www.alexa.com


SARAN BAGI KANAL
- KANAL “NEWS”
Pada kanal “News” terdapat empat sub kanal, yaitu nasional, internasional, sport dan metropolitan. Tampilan menu sub kanal yang tak hanya menunjukkan sub kanal tetapi juga berita terpopuler juga menjadi kekuatan bagi Suara.com.

Sumber: www.suara.com
Sub kanal “Sport” suatu hari harus berdiri sendiri menjadi kanal baru “Olahraga” yang sehingga mampu mengamodasi berita-berita olahraga per cabang yang paling populer.

- KANAL “BOLA”
Kanal ini membuat saya terkesan dengan adanya 10 sub kanal yang sudah pasti memuaskan para penggila bola, yaitu sub kanal Liga Inggris, Liga Italia, Liga Indonesia, Liga Spanyol, Timnas, Sepakbola Dunia, Jadwal, Klasemen, Bolatainment dan Top Skor. Sebagai media yang berniat melayani masyarakat, khususnya Indonesia, Suara.com memberi 2 sub kanal khusus yang mengupas sepakbola Indonesia, yaitu Liga Indonesia dan Timnas. Perhatian pengunjung Suara.com ke kanal Bola sudah bisa dimulai dari halaman home dengan menyajikan skor terkini, menggantikan banner bertuliskan “Panasnya Liga Spanyol” yang menurut saya kurang efektif. 
Sumber: www.suara.com
- KANAL “BISNIS”
Pada kanal “Bisnis” memang telah ada sub kanal “Inspiratif”. Namun jika memunginkan bisa ditambah lagi sub kanal “UKM” yang mengupas usaha kecil menengah yang layak menjadi inspirasi. Apalagi Indonesia masih memerlukan lebih banyak lagi wirausahawan yang menggerakkan roda perekonomian. Pada sub kanal UKM ini para pengunjung juga bisa diberi ruang untuk memaparkan secara singkat profil UKMnya. Dengan begitu diharapkan traffic pengunjung pun kian meningkat.

- KANAL “LIFESTYLE”
Kanal Lifestyle terdiri dari sub kanal Male, Female, Love&Sex, Health, Food & Travel dan Komunitas. Pada kanal ini sorotan saya tertuju pada sub kanal Komunitas yang menurut saya belum menemukan identitas dirinya. Kategori ini akan lebih menarik jika diisi dengan pembahasan mengenai komunitas-komunitas yang berada di Indonesia. Keberadaan Suara.com dapat sekaligus menjadi media untuk menyuarakan aspirasi dan komunikasi aktivitas komunitas tematik, terutama yang mengajak perubahan menuju Indonesia yang lebih baik. 

- KANAL “YOUR SAY”
Awalnya saya mengira kanal “Your Say” ada hubungannya dengan nama Suara.com, yaitu kanal yang berisi forum diskusi untuk menyuarakan aspirasi bagi para pengunjung Suara.com. Ternyata beberapa berita di kanal ini juga bertema kuliner dan wisata sehingga agak tumpang tindih dengan sub kanal Food & Travel yang sudah ada di kanal “Lifestyle”. Ketidakjelasan persepsi yang ditangkap pengunjung dapat diantisipasi dengan memberi keterangan singkat ketika cursor mengarah ke Kanal “Your Say”, misalnya “Baca “Suara” Anda ”. Setelah memasuki kanal tersebut, tambahan deskripsi mengenai profil kanal juga akan membantu pengunjung memahami di mana ia berada. Jika memang “Your Say” adalah ruang bagi citizen journalism, maka tempatkan tombol “Submit Artikel Anda” di tempat yang jelas dan dapat terlihat.

Secara keseluruhan, Suara.com mampu menyajikan berita teraktual secara meyakinkan, tak hanya berupa teks tetapi juga didukung gambar dan video. Judul tiap artikel juga sangat menarik pengunjung untuk membaca lebih lanjut isi artikel. Saya yakin kompetensi di bidang jurnalistik para kru Suara.com dibarengi dengan integritas untuk menyampaikan fakta bukan sekedar opini pribadi. Besar harapan saya Suara.com terus mewujudkan visinya dalam melayani masyarakat Indonesia dengan berita yang tak hanya terkini tapi juga terpercaya.

Referensi:
www.suara.com
http://www.the-marketeers.com/archives/Indonesia Internet Users.html 
www.alexa.com

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog yang diadakan Suara.com di bit.ly/LombaSuaradotcom  

<div id="fb-root"></div> <script>(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));</script>
<div class="fb-post" data-href="https://www.facebook.com/suaradotcom/posts/675268892534211" data-width="466"><div class="fb-xfbml-parse-ignore"><a href="https://www.facebook.com/suaradotcom/posts/675268892534211">Post</a> by <a href="https://www.facebook.com/suaradotcom">Suaradotcom</a>.</div></div>


42h




8 comments:

  1. Replies
    1. Brarti bukan cuma aku dan alexa.com yg bilang :D

      Delete
  2. just say hi disini.. :D

    ReplyDelete
  3. Menurutku kok kurang menarik ya design portalnya, tapi gimana pun tetap bisa menjadi sumber informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang fokusnya lg di content berita ya mba. Yg penting uptodate dulu.

      Delete
  4. Good writing, cukup sistematis, meyakinkan, dan saran-saran yang diberikan menurut saya sudah bagus dan tepat dengan apa yang memang diperlukan oleh suara.com.

    Soal tampilan situs, warna dan font, mungkin pembaca blog dan suara.com sendiri tentunya, bisa lebih digiring dengan argumen yang objektif. Warna itu soal selera, jadi opini dapat didukung dengan beberapa fakta, misal dengan menyinggung hasil riset mengenai pengaruh warna terhadap kenyamanan membaca.

    Saran soal tagline-nya dirasa agak old-fashion. Selain itu, tagline usulan tersebut kurang menunjukkan positioningnya. Well, I'm not the marketing guy here anyway...

    ReplyDelete
  5. Sudah berubah lebih cepat. Tampilan juga sudah berupa list. Untuk versi mobile, desainnya sudah ringkas. Akhirnya permainan konten, kemudahan akses, dan seringnya nama ini muncul di media media lain (iklan) yang menawarkan solusi bagi pembaca akan memudahkan suaradotcom jadi pilihan utama.

    ReplyDelete
  6. Sudah berubah lebih cepat. Tampilan juga sudah berupa list. Untuk versi mobile, desainnya sudah ringkas. Akhirnya permainan konten, kemudahan akses, dan seringnya nama ini muncul di media media lain (iklan) yang menawarkan solusi bagi pembaca akan memudahkan suaradotcom jadi pilihan utama.

    ReplyDelete