Derasnya
arus informasi melalui internet memercepat pertumbuhan pengguna Internet
di Indonesia hingga 22%, yaitu dari 62 juta di tahun 2012 menjadi 74,57 juta di
tahun 2013. Bahkan lembaga riset MarkPlus
Insight memrediksi jumlah pengguna Internet di Indonesia akan mencapai 100 juta
jiwa pada 2015. Para “netizen” atau pengguna internet menghabiskan waktu lebih
dari tiga jam per hari di dunia maya meningkat dari 24,2 juta di 2012 menjadi
31,7 juta orang di 2013. Tingginya angka netizen di Indonesia menjadi pasar potensial
bagi bisnis online termasuk portal berita.
PT Mata Media Nusantara menangkap
peluang besar ini dengan meluncurkan Suara.com pada 11 Maret 2014. Sebagai pendatang baru di industri portal berita online
Indonesia, Suara.com selalu
menyajikan informasi terkini mengenai berita nasional, internasional, olahraga,
bola, gaya
hidup, hiburan, otomotif, teknologi dan multimedia. Memang seperti yang disampaikan Yan
Gunawan, sang Pemimpin Redaksi di sini, Suara.com tidak mencari kejayaan
(glory) tetapi memiliki visi melayani masyarakat, melayani komunitas, tetapi
setidaknya Suara.com tetap perlu berada di urutan pertama halaman google
untuk kata kunci “suara” mengingat sebelumnya sudah ada portal berita yang
lebih dulu menggunakan kata “suara” sebagai bagian dari mereknya.
Karena keberadaan Suara.com
bertujuan untuk melayani masyarakat Indonesia,
maka tagline Suara.com yang saya usulkan adalah
Suara.com : Warta Terpercaya bagi Indonesia
TAMPILAN
Kesan pertama saat membuka Suara.com adalah
tampilannya yang ramai dengan gambar dengan warna terang yang dominan, terutama
merah. Bagi saya pribadi, tampilan dengan warna saling kontras seperti ini
tidak terlalu nyaman dipandang. Ruang untuk perbaikan lainnya adalah judul Headline
berita yang tak langsung terpampang sehingga membuat pengunjung perlu scroll
down terlebih dahulu. Alangkah lebih menyenangkan jika ketika pertama kali
membuka layer langsung terlihat beberapa headline terpopuler. Meskipun
begitu, penempatan menu kanal yang terpampang jelas memanjang ke samping sudah
memudahkan pengunjung untuk memilih kanal mana yang diminati. Tampilan iklan pun tidak mengganggu content situs.
![]() |
sumber: www.suara.com |
TEMUKAN DIFERENSIASI, TINGKATKAN POSISI
Setelah beberapa kali mengunjungi Suara.com, saya
agak kesulitan menemukan diferensiasi pada situs berita ini padahal
diferensiasi diperlukan untuk tetap berada di top of mind para netizen
di tengah persaingan yang ketat di industri portal berita online. Untuk
menjaring pengunjung Suara.com memang perlu mengikuti langkah para pendahulunya,
misalnya dengan mengiklankan berita yang sedang banyak dibicarakan di social
media. Bahkan bila perlu, Suara.com bisa menganalisa siapa yang paling
banyak mengunjungi situsnya sejak situs ini diluncurkan. Dari pemetaan
demografi pengunjung dipadu dengan popular tag yang menunjukkan
tingkatan topik berita yang paling sering dibaca, Suara.com dapat memilah mana
saja berita yang mestinya paling sering diiklankan dan siapa target pasar
utamanya. Adanya tampilan popular tag dan related tag yang
ditampilkan di bagian kiri memang ide yang bagus untuk memancing pengunjung
situs untuk membaca halaman lain. Saran saya, ukuran font untuk popular
tag dan related tag sedikit lebih kecil dibanding font isi
berita.
![]() |
Sumber: www.suara.com |
Mengingat banyak netizen mengakses informasi
melalui smartphone, maka aplikasi mobile berbasis android juga
bisa menjadi langkah taktis untuk menjaring pengunjung ke situs. Yan Gunawan
selaku pemimping redaksi yang sepak terjangnya di dunia aplikasi mobile pasti
bisa dengan mudah mewujudkannya. Satu lagi yang tak kalah penting dalam rangka
meningkatkan interaksi dengan pengunjung, selain dengan update status
berupa tautan berita di facebook dan twitter, Suara.com juga perlu membuat kanal
khusus berjudul “FORUM” yang menyuarakan aspirasi para pengunjungnya.
KECEPATAN BERAKSI
Menurut situs www.alexa.com yang lebih pandai dibanding
saya dalam mengulik situs, kecepatan akses Suara.com masih tergolong lambat (slow).
Padahal faktor kecepatan di era digital tak bisa ditawar lagi. Kecepatan ini
bisa ditingkatkan lagi dengan mengurangi tampilan gambar di halaman depan (home)
yang sepertinya terlalu banyak memajang gambar dari tiap sub kanal. Kalau pun
gambar memang perlu ditampilkan, ukurannya bisa diperkecil. Ukuran gambar yang
besar selain cenderung memerlambat juga membuat pengunjung kewalahan. Ukuran slide
show pun bisa diperkecil.
![]() |
Sumber: www.alexa.com |
SARAN BAGI
KANAL
- KANAL
“NEWS”
Pada kanal
“News” terdapat empat sub kanal, yaitu nasional, internasional, sport dan
metropolitan. Tampilan menu sub kanal yang tak hanya menunjukkan sub kanal
tetapi juga berita terpopuler juga menjadi kekuatan bagi Suara.com.
![]() |
Sumber: www.suara.com |
Sub kanal
“Sport” suatu hari harus berdiri sendiri menjadi kanal baru “Olahraga” yang sehingga
mampu mengamodasi berita-berita olahraga per cabang yang paling populer.
- KANAL
“BOLA”
Kanal ini
membuat saya terkesan dengan adanya 10 sub kanal yang sudah pasti memuaskan
para penggila bola, yaitu sub kanal Liga Inggris, Liga Italia, Liga Indonesia, Liga
Spanyol, Timnas, Sepakbola Dunia, Jadwal, Klasemen, Bolatainment dan Top Skor. Sebagai
media yang berniat melayani masyarakat, khususnya Indonesia,
Suara.com memberi 2 sub kanal khusus yang mengupas sepakbola Indonesia, yaitu Liga Indonesia dan Timnas. Perhatian
pengunjung Suara.com ke kanal Bola sudah bisa dimulai dari halaman home dengan
menyajikan skor terkini, menggantikan banner bertuliskan “Panasnya Liga
Spanyol” yang menurut saya kurang efektif.
![]() |
Sumber: www.suara.com |
- KANAL
“BISNIS”
Pada kanal
“Bisnis” memang telah ada sub kanal “Inspiratif”. Namun jika memunginkan bisa
ditambah lagi sub kanal “UKM” yang mengupas usaha kecil menengah yang layak
menjadi inspirasi. Apalagi Indonesia
masih memerlukan lebih banyak lagi wirausahawan yang menggerakkan roda
perekonomian. Pada sub kanal UKM ini para pengunjung juga bisa diberi ruang
untuk memaparkan secara singkat profil UKMnya. Dengan begitu diharapkan traffic
pengunjung pun kian meningkat.
- KANAL
“LIFESTYLE”
Kanal
Lifestyle terdiri dari sub kanal Male, Female, Love&Sex,
Health, Food & Travel dan Komunitas. Pada kanal ini sorotan saya tertuju pada sub kanal Komunitas
yang menurut saya belum menemukan identitas dirinya. Kategori ini akan lebih
menarik jika diisi dengan pembahasan mengenai komunitas-komunitas yang berada
di Indonesia. Keberadaan Suara.com dapat sekaligus menjadi media untuk
menyuarakan aspirasi dan komunikasi aktivitas komunitas tematik, terutama yang mengajak perubahan menuju Indonesia
yang lebih baik.
- KANAL “YOUR
SAY”
Awalnya saya mengira kanal “Your Say” ada hubungannya dengan nama Suara.com, yaitu kanal yang berisi forum diskusi untuk menyuarakan aspirasi bagi para pengunjung Suara.com. Ternyata beberapa berita di kanal ini juga bertema kuliner dan wisata sehingga agak tumpang tindih dengan sub kanal Food & Travel yang sudah ada di kanal “Lifestyle”. Ketidakjelasan persepsi yang ditangkap pengunjung dapat diantisipasi dengan memberi keterangan singkat ketika cursor mengarah ke Kanal “Your Say”, misalnya “Baca “Suara” Anda ”. Setelah memasuki kanal tersebut, tambahan deskripsi mengenai profil kanal juga akan membantu pengunjung memahami di mana ia berada. Jika memang “Your Say” adalah ruang bagi citizen journalism, maka tempatkan tombol “Submit Artikel Anda” di tempat yang jelas dan dapat terlihat.
Awalnya saya mengira kanal “Your Say” ada hubungannya dengan nama Suara.com, yaitu kanal yang berisi forum diskusi untuk menyuarakan aspirasi bagi para pengunjung Suara.com. Ternyata beberapa berita di kanal ini juga bertema kuliner dan wisata sehingga agak tumpang tindih dengan sub kanal Food & Travel yang sudah ada di kanal “Lifestyle”. Ketidakjelasan persepsi yang ditangkap pengunjung dapat diantisipasi dengan memberi keterangan singkat ketika cursor mengarah ke Kanal “Your Say”, misalnya “Baca “Suara” Anda ”. Setelah memasuki kanal tersebut, tambahan deskripsi mengenai profil kanal juga akan membantu pengunjung memahami di mana ia berada. Jika memang “Your Say” adalah ruang bagi citizen journalism, maka tempatkan tombol “Submit Artikel Anda” di tempat yang jelas dan dapat terlihat.
Secara
keseluruhan, Suara.com mampu menyajikan berita teraktual secara meyakinkan, tak
hanya berupa teks tetapi juga didukung gambar dan video. Judul tiap artikel juga sangat
menarik pengunjung untuk membaca lebih lanjut isi artikel. Saya yakin kompetensi di bidang
jurnalistik para kru Suara.com dibarengi dengan integritas untuk menyampaikan
fakta bukan sekedar opini pribadi. Besar harapan saya Suara.com terus mewujudkan
visinya dalam melayani masyarakat Indonesia dengan berita yang tak
hanya terkini tapi juga terpercaya.
Referensi:
www.suara.com
www.suara.com
http://www.the-marketeers.com/archives/Indonesia Internet Users.html
www.alexa.com
Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog yang diadakan Suara.com di bit.ly/LombaSuaradotcom …
<div id="fb-root"></div> <script>(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));</script>
<div class="fb-post" data-href="https://www.facebook.com/suaradotcom/posts/675268892534211" data-width="466"><div class="fb-xfbml-parse-ignore"><a href="https://www.facebook.com/suaradotcom/posts/675268892534211">Post</a> by <a href="https://www.facebook.com/suaradotcom">Suaradotcom</a>.</div></div>
Adhya Utami Larasati
ada lomba review&tagline di @suaradotcom loh @MasNovanJogja @ianaholic @MohammadGenta ikutan yuk! cek http://bit.ly/LombaSuaradotcom …
kubuka kok lambat nian...
ReplyDeleteBrarti bukan cuma aku dan alexa.com yg bilang :D
Deletejust say hi disini.. :D
ReplyDeleteMenurutku kok kurang menarik ya design portalnya, tapi gimana pun tetap bisa menjadi sumber informasi
ReplyDeleteMungkin memang fokusnya lg di content berita ya mba. Yg penting uptodate dulu.
DeleteGood writing, cukup sistematis, meyakinkan, dan saran-saran yang diberikan menurut saya sudah bagus dan tepat dengan apa yang memang diperlukan oleh suara.com.
ReplyDeleteSoal tampilan situs, warna dan font, mungkin pembaca blog dan suara.com sendiri tentunya, bisa lebih digiring dengan argumen yang objektif. Warna itu soal selera, jadi opini dapat didukung dengan beberapa fakta, misal dengan menyinggung hasil riset mengenai pengaruh warna terhadap kenyamanan membaca.
Saran soal tagline-nya dirasa agak old-fashion. Selain itu, tagline usulan tersebut kurang menunjukkan positioningnya. Well, I'm not the marketing guy here anyway...
Sudah berubah lebih cepat. Tampilan juga sudah berupa list. Untuk versi mobile, desainnya sudah ringkas. Akhirnya permainan konten, kemudahan akses, dan seringnya nama ini muncul di media media lain (iklan) yang menawarkan solusi bagi pembaca akan memudahkan suaradotcom jadi pilihan utama.
ReplyDeleteSudah berubah lebih cepat. Tampilan juga sudah berupa list. Untuk versi mobile, desainnya sudah ringkas. Akhirnya permainan konten, kemudahan akses, dan seringnya nama ini muncul di media media lain (iklan) yang menawarkan solusi bagi pembaca akan memudahkan suaradotcom jadi pilihan utama.
ReplyDelete